Yuk, Kenali Tanda Ikan Cupang yang Sakit

By | March 6, 2019

Jika Anda memelihara ikan cupang di rumah, apa yang akan Anda lakukan ketika ikan itu tiba-tiba sakit? Atau, bahkan Anda tidak tahu apakah ikan cupang itu sakit? Memang, mengamati ikan yang sakit bukanlah hal yang mudah, Anda harus benar-benar memahaminya dengan baik.
Saat terserang penyakit, ikan cupang menunjukkan berbagai tanda, mulai dari kelesuan hingga bercak putih. Jika Anda mencurigai ikan cupang Anda menderita penyakit, segera pisahkan dari ikan lain agar tidak menginfeksi. Selain itu, Anda dapat mencoba menemukan obat untuk cupang di toko hewan peliharaan atau bahkan toko ikan.

Berikut adalah beberapa tanda yang harus Anda ketahui ketika ikan cupang sakit.

Perhatikan apakah warnanya memudar
Ketika cupang memiliki penyakit, warnanya akan terlihat pudar. Bahkan, warnanya bisa menghilang.

Lihatlah sirip ikan cupang
Sirip ikan cupang yang sehat terlihat utuh. Namun, pada ikan cupang yang sakit, Anda akan menemukan sirip yang sobek atau berlubang.

Tanda lain yang menunjukkan bahwa ikan cupang Anda sakit adalah sirip yang tampaknya menyembul. Situasi ini menunjukkan bahwa ikan tidak dapat menggerakkan siripnya dengan benar.

Lihat dan amati apakah ikan cupang itu lesu
Ikan cupang yang sakit akan mengurangi tingkat aktivitasnya. Ia tidak akan bergerak aktif seperti biasa. Gerakannya sebenarnya melambat.

Perhatikan kebiasaan makan
Beberapa penyakit menyebabkan ikan cupang makan. Jika ikan cupang Anda terlihat enggan menyentuh makanan, bisa jadi ia sakit.

Periksa flek pada bagian tubuh
Cari bintik-bintik putih dan kecil, terutama di sekitar kepala dan mulut. Gejala ini adalah tanda serangan parasit tertentu, yang disebut ich.

Amati pernapasan ikan
Mungkin saran ini kedengarannya aneh. Namun, jika ikan cupang Anda tetap berada di permukaan akuarium dan mencoba menghirup udara, ini bisa menjadi tanda penyakit.

Amati apakah ikan cupang mencoba menggaruk tubuh mereka
Jika ikan cupang Anda mencoba menggosokkan tubuhnya ke tepi akuarium, itu mungkin mengindikasikan masalah. Demikian juga, jika ikan cupang Anda mencoba menggaruk tanaman atau benda di akuarium, ia mungkin terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *