Untung Berlipat dari Belut Super

By | November 21, 2018

Belut merupakan salah satu komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Hewan air tawar ini memiliki rasa yang lezat dan dagingnya juga sangat lezat. Selain itu, belut juga mengandung protein yang cukup tinggi. Protein itu sendiri berfungsi untuk menjaga tubuh tetap bugar.
Hewan air ini ditemukan di sawah, sungai, atau rawa. Karena permintaannya cukup tinggi, pasokan belut tidak hanya mengandalkan hasil tangkapan alami. Karena itu, banyak belut dibudidayakan.

Salah satu varian dari belut yang sudah mulai dibudidayakan adalah jenis belut super. Berbeda dengan belut pada umumnya, belut super memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Ukuran belut super mencapai 6,5 cm dengan panjang sekitar 50 cm.

Salah satu pembudidaya belut super asal Malang, Herman Susilo, mengungkapkan bahwa berat belut super bisa mencapai 1 kilogram. Belut jumbo ini banyak dicari oleh pengusaha restoran dan makanan ringan.

“Jika bukan budidaya, sulit mendapatkan belut super ini, meskipun pasar lebih menjanjikan,” kata Herman seperti dikutip Kompas.

Saat ini, Herman memiliki lima kolam lumpur budidaya belut super. Setiap kolam berukuran sekitar 2 × 5 meter. Dengan pemberian makanan rutin, Herman dapat memanen belut setiap tiga atau empat bulan. Jadi, dalam setahun Anda bisa panen empat kali.

Ketika panen tiba, setiap kolam dapat menghasilkan 250 kg belut super. Harga setiap kilo adalah sekitar Rp 30.000 – Rp 35.000. Dengan harga ini, omset yang didapatnya sekitar Rp. 40 – Rp. 50 juta per panen. Laba bersih sekitar 50% dari omset.

Biaya produksi lebih banyak dikeluarkan untuk pembibitan. Setiap satu kg benih belut super ini dijual seharga Rp. 40.000.

“Sedangkan pakannya lebih banyak makanan alami, seperti katak dan cacing,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *