Udang Air Tawar Ini Mampu Cegah Penyebaran Parasit

By | February 12, 2019

Tentunya Anda tidak tahu bahwa tubuh manusia mudah bersarang parasit. Untuk alasan ini, menerapkan gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan. Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa udang air tawar mampu mencegah dan menghambat penyebaran parasit schistosomiasis yang disebabkan oleh parasit lain.
Lalu, bagaimana udang air tawar bekerja melawan parasit di dalam tubuh?

Menurut sebuah penelitian, ada obat yang diresepkan dokter untuk mengendalikan schistosomiasis. Namun, sering gagal karena pertumbuhan parasit sangat cepat. Dengan makan udang dan terus minum obat akan membantu pengobatan menjadi jauh lebih efektif.

Karena udang sering memangsa siput yang memiliki parasit, protein udang juga akan tinggi. Meskipun siput memiliki parasit berbahaya, parasit tersebut tidak dapat hidup di dalam tubuh udang meskipun ia akan mati.

“Temuan ini membuka harapan baru dengan pendekatan berbeda untuk mengendalikan penyebaran schistosomiasis,” kata penulis studi Giulio De Leo, seorang profesor biologi di Hopkins Marine Station dari Stanford University di Amerika Serikat, seperti dikutip oleh Zeenews.

Para peneliti melakukan uji coba pada sebuah desa yang dilintasi oleh sungai dengan menyebarkan udang ke dalamnya. Sebelumnya, diketahui bahwa sungai itu adalah habitat siput yang tertular schistosomiasis.

Selama 18 bulan, tim peneliti menemukan 80% siput bebas dari infeksi. Beban penyakit menurun hingga 50%. Bahkan, kesehatan masyarakat juga semakin baik setelah adanya udang yang hidup di dalam sungai.

“Jika terus dikembangkan dan dibudidayakan, temuan ini akan membantu negara-negara berkembang untuk memerangi penyakit parasit dan meningkatkan ekonomi di bidang budidaya udang air tawar,” kata Susanne Sokolow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *