Ternyata Ini Penyebab Telur Ikan Rentan Terkena Jamur

By | April 21, 2018

Tahukah Anda bahwa telur ikan sangat rentan diserang oleh jamur air. Secara alami, jamur ini akan menyerang telur infertil atau mati. Namun, itu tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa jamur akan menyebar dan menyerang telur yang subur.
Secara umum, telur di hampir semua jenis ikan rentan terhadap serangan jamur. Levelnya juga bervariasi seperti yang terlihat dari spesies ikan. Beberapa dari mereka bahkan dapat menghasilkan telur yang tahan terhadap infeksi jamur.

Telur yang terserang jamur biasanya akan ditutupi oleh formasi mirip benang yang dikenal sebagai hifa jamur putih. Utas ini dapat dilihat sampai batas tertentu dengan bantuan kaca pembesar.

Pada jenis ikan yang telurnya mengelompok seperti pada cichlid yang menempel telur ke pengurangan, jamur akan menyebar dengan sangat mudah dari telur mati ke telur sehat.

Kondisi ini pada akhirnya akan menghancurkan seluruh populasi telur. Banyak yang salah mengartikan bahwa telur putih atau buram adalah telur berjamur, meskipun hifa tidak ditemukan.

Beberapa telur bisa berwarna putih saat dilepaskan. Telur transparan yang tidak subur akan berubah putih dalam waktu 24 jam dan tidak akan segera menginfeksi karena infeksi jamur baru akan terjadi setelah beberapa saat.

Penyebab utama jamur adalah karena adanya jamur dari kelompok saproligna dan achyla. Untuk mengendalikan agar terhindar dari serangan jamur, induk ikan secara alami dan teratur akan menyingkirkan telur yang mati sebelum telurnya berjamur dan ini berlaku untuk spesies induk cichlid yang merawat anak-anak anjing mereka.

Pemilik ikan atau akuaris juga harus turun tangan untuk membantu ikan menyingkirkan telur mati menggunakan pipet, jarum, atau pinset kecil. Jika telur diinkubasi secara terpisah, pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan perawatan perendaman dalam waktu yang cukup lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *