Tanaman Ini Berikan Manfaat Ajaib untuk Pertumbuhan Ikan

By | March 22, 2018

Yang ini mungkin tidak diketahui banyak orang. Ketapang diyakini digunakan untuk mengatasi masalah air dalam budidaya.

Tumbuhan ini bermanfaat di dunia perikanan. Sebagian besar ikan di daerah beriklim tropis suka hidup di sungai dan danau dengan kondisi air berwarna coklat. Warna coklat disebabkan oleh daun ketapang.

Daun ketapang yang digunakan adalah daun ketapang kering. Dau ketapang dapat melepaskan asam organik seperti humat dan tanin, yang dapat mengurangi pH air, dan menyerap bahan kimia berbahaya dan memberikan kondisi air yang nyaman bagi ikan.

Asam humat adalah campuran dekomposisi kompleks dari beberapa bahan organik. Asam humat dari air tawar berasal dari beberapa sumber yang paling melimpah yang berasal dari tanah dari pembusukan tanaman.

Asam humat mengandung belerang, fosfor, dan nitrogen serta berbagai zat lain seperti Ca, Mg, Cu, Zn, dan lainnya. Asam humat dapat dipecah menjadi dua kelompok berdasarkan ukuran dan polaritas masing-masing komponen. Fragmen yang lebih kecil yang lebih polar disebut asam fulvat dan yang lebih besar yang tidak polar biasanya disebut asam humat.

Asam tanin, lignin, dan fulvat adalah subkelas asam humat. Mereka semua mewarnai air sehingga berubah menjadi kuning. Asam humat dan tanin sangat bermanfaat bagi banyak orang karena mereka dapat menghambat berbagai jenis bakteri yang membahayakan kesehatan ikan peliharaan.

Asam humat dan tanin juga dapat menyerap dan menetralkan racun dari bahan kimia logam berat seperti seng, aluminium, dan tembaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *