Pemijahan Buatan Ikan Kerapu

By | January 2, 2019

Pemijahan buatan terjadi karena pertemuan antara telur dan sperma dilakukan dengan bantuan manusia. Langkah awal pemijahan adalah dengan memilih induk jantan dan betina. Untuk kesederhanaan, orang tua dapat dibius terlebih dahulu.

Pemilihan induk betina dapat dilakukan dengan bantuan selang kanulasi atau kateter berdiameter 1 mm dimasukkan ke dalam lubang genital sedalam 5-10 cm, kemudian telurnya dihisap. Kemudian, selang kanulasi dilepas perlahan. Selanjutnya, pemilihan induk jantan dapat dilakukan dengan menyortir bagian perut ke arah alat kelamin (stripping).
Setelah orang tua melewati tahap seleksi, kedua orang tua ditelanjangi, masing-masing sampai sel telur dan sperma habis. Wadah yang digunakan untuk menampung sperma dan telur bisa menjadi baskom. Setelah siap, keduanya dicampur dalam wadah baskom lainnya. Pencampuran bisa dilakukan dengan cara kering atau basah. Cara mengeringkan, sperma dan telur dicampur langsung, lalu diaduk dengan bulu ayam.

Sementara itu, metode basah dilakukan dengan mencampur sperma dan telur dengan air laut tambahan secukupnya. Pencampuran dilakukan secara merata menggunakan bulu ayam. Selanjutnya, telur campuran dicuci dengan air laut dan menyebar ke larva tempat penetasan dan pemeliharaan.

Sumber: Buku Bisnis dan Budidaya Kerapu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *