Fungsi Infusoria Sebagai Pakan Ikan

By | February 2, 2018

Infusoria adalah salah satu makanan alami ikan, dan juga berasal dari kelas protozoa. Dalam kelas infusoria ini, diketahui bahwa subclass dari ciliate sudah dikenal, misalnya paramecium, didinium, colpoda, dan balantidium.
Pakan ikan alami ini umumnya hidup di air tawar dan di air yang mengandung bahan organik seperti air dari kolam ikan hijau, terutama di tempat-tempat yang mengalami pembusukan berat.

Infusoria juga memakan ganggang kecil, ragi, dan bahan organik olahan. Ini memiliki ukuran bervariasi antara 25-300 mikron. Jadi, cukup kecil untuk dimakan oleh biji ikan.

Meski termasuk protozoa, infus bisa dilihat langsung dengan mata. Sepintas, sepertinya titik putih yang bergerak. Makanan yang biasanya dimakan olehnya adalah ganggang kecil atau bahkan ragi.

Untuk menggunakan infusoria sebagai makanan ikan alami, inilah cara mengolahnya:

Siapkan wadah untuk budaya. Dapat menggunakan botol bekas air mineral 1,5 liter yang dipotong bagian atasnya.
Benih infusoria dapat ditemukan di selokan atau kolam ikan. Ambillah, cukup celupkan air di tepi. Benih dihindari dari sinar matahari langsung. Lebih baik mencarinya di pagi hari karena lebih efektif.
Wadah untuk kultur infus diisi dengan air ¾ wadah. Selain itu, perlu diisi dengan bahan makanan untuk infusoria. Bahan-bahannya gratis, Anda bisa menggunakan sayuran, tempe, pelet jamur, daun bayam lebar, dan jenis sayuran hijau lainnya.
Rebus bahan makanan untuk infus sampai menjadi bubur (atau sangat matang), dan kemudian terurai.
Tambahkan biji infus ke wadah kultur. Setelah itu, tutup dengan kain agar sirkulasi udara lancar.
Simpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.
4 hingga 5 hari kemudian, infusoria dapat dipanen. Infus dapat terlihat berlipat ganda, dan wadah menjadi penuh bintik-bintik putih.
Setelah menyelesaikan budayanya, Anda bisa langsung memberikan infus pada ikan Anda. Cara untuk memberikannya adalah dengan mengambil infus dengan air menggunakan baskom / ember, kemudian sebarkan ke media untuk memelihara ikan di kolam, bak / akuarium sesuai dosis yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *