Begini Teknis Memancing Ikan Kakap Putih

By | December 21, 2018

Bagi sebagian orang memancing adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika memancing dilakukan di laut dari atas kapal. Akan sangat menyenangkan bukan? Bagi Anda yang suka memancing, apakah Anda pernah mendapat kakap putih? Jika tidak, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.
Syarat utama untuk memancing ikan kakap putih adalah Anda harus tahu sarangnya. Banyak habitat kakap putih barramundi ini ditemukan di pantai / laut (kedalaman 1-10 m) atau di muara sungai. Bahkan, kakap putih bisa memasuki sungai hingga beberapa kilometer, asalkan salinitas airnya masih terasa sedikit asin mendekati kesegaran.

Faktor lain yang harus diketahui adalah mengetahui pasang surut. Karena, ikan ini adalah ikan pasang surut di mana aktivitas makan mereka sengit saat air pasang atau surut dengan aliran air sedang. Sebaiknya, hindari memancing saat bulan cerah, baik siang maupun malam. Sebab, saat bulan cerah, kakap putih akan disibukkan oleh urusan nafsu (kawin).

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan memancing ikan kakap putih.

Ngelicir

Dalam teknik ini, batang biasanya dipegang secara aktif sambil bermain perlahan. Teknik ini lebih efektif ketika memancing di daerah berbatu atau rumpon atau pasak bambu yang terjangkau.

Ngoncer

Teknik ini mudah dilakukan karena umpan hidup baru saja dilemparkan dan joran diletakkan di tepi tanggul, kemudian tunggu ikan memakan umpannya. Cara ini juga sering dilakukan dengan tongkat yang selalu dipegang dan kenur diregangkan secara perlahan sehingga udang putih hidup selalu aktif berenang sehingga ikan akan terstimulasi untuk memakan umpan. Namun, teknik ini bisa dilakukan dengan olahraga teratur dengan tujuan merasakan gerakan umpan hidup.
Menggunakan pelampung

Teknik menggunakan pelampung biasanya dilakukan di daerah rumpon yang tidak terjangkau untuk pancing, sehingga pancing harus dipegang agar dapat secara refleks mengangkat dan menyentak cepat ketika ikan memakan umpan. Teknik ini membutuhkan konsentrasi ekstra untuk melihat pelampung dan secara refleks menyentak batang.

Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *